Hari Ini

Kehidupan Di Alam Barzah

Update Jumat, 10 Januari 2014 at 19.01. Dalam topik Renungan

ADS 336x280 Here...

Kehidupan Di Alam BarzahAssalammu’alaikim kawan, kembali lahi bertemu dengan saya, dan pada kesempatan kali ini saya akan membahas sedikit tahapan kehidupan manusia setelah meninggal, walaupun tidak semua saya jelaskan karena keterbatasan tempat dan waktu, namun semoga postingan ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Manusia sebelum melanjutkan kehidupan di Akhirat singgah dahulu di Alam Barzah atau yang biasa di sebt dengan alam penantian. Ada yang jutaan tahun ada yang ribuan tahun bahkan ada yang beberapa hari saja. Di Alam penantian tidak ada aktivitas yang berarti seperti ketika di Dunia. Disana mereka tidak di tuntut melakukan kebaikan atau larangan kejahatan , kecuali hanya tidur. Selama tidur, layaknya manusia juga dihiasi dengan mimpi, ada yang mimpi baik namun ada juga yang bermimpi buruk. Bagi yang memiliki mimpi yang baik sungguh tidak ada masalah, mereka merasa senang namun tidak dengan mereka yang bermimpi buruk, tentu mereasakan gelisah , merasa sakit dan tidak tenang, itulah yang disebut sebagai siksa kubur.
Itulah sebabnya ketika ditiupkan sangkakala, terompet oleh malaikat Israfil, mereka terbangun semua dan terkejut, keterkejutannya digambarkan dalam Al – Qur’an surat Yasin Ayat 52, yang artinya:
Mereka berkata: Celakalah kami ! Siapakah yang membangunkan kami dari tidur kami (alam barzah/alam kubur) ? inilah yang dijanjikan (Tuhan) Yang Maha Murah, dan benarlah apa yang disampaikan pada Rasulullah .
Adapun beberapa sebab manusia terkejut ketika dibangkitkan dari alam kubur yaitu yang pertama manusia merasa belum seberapa lama tidur, walaupun sebenarnya sudah ribuan tahun. Ada pula yang hanya sekedar kaget karena mendengar sangkakala yang ditiup kencang. Begitu Bangun , bagi yang mimpi buruk berjarap cemas, karena hatinya mengetahui akan mendapat balasan yang tidak menyenangkan ketika hidup di dunia yang fana itu. Sedangkan yang bermimpi baik , mereka pun berharap cemas, karena mereka berharap mendapat balasan yang menyenangkan. Itulah sebabnya ketika mendengar tiupan Sangkakala, serta merta mereka bangkit dan keluar dari alam barzah seperti yang di Firmankan Allah dalam surat Yasin ayat 51, yang artinya:
Dan tiuplah Sangkakala, maka tiba tiba mereka keluar dengan segera dari kuburnya menuju Tuhan mereka.
Kubur dalam ayat di atas harus dipahami sebagai alam, bukan tanah tempat mengubur jasad. Rupanya akan lebih dekat pengertiannya manakala alam kubur itu disebut dengan alam penantian> Bedanya di alam penantian itu manusia tidak melakukan aktivitas aapa pun yang berhubungan dengan ibadah untuk mendapatkan pahala sebagaimana manusia di Alam yang fana ini.
Nah itu tadi sedikit pembahasan kita mengenai Alam barzah dan segala apa yang ada di dalamnya, alam tersebut yag akan kita singgahi nanti, semoga kita menjadi orang orang yang beruntung dan menjadi manusia yang di terima di Surga Allah SWT, Aamiin


ADS 336x280 Here...

Tulis Komentar Kamu Disini:

0 Komentar untuk "Kehidupan Di Alam Barzah"

Posting Komentar