Hari Ini

Reaksi Kaum Kafir Quraisy terhadap Dakwah Rasululllah Muhhammad SAW

Update Kamis, 16 Januari 2014 at 00.44. Dalam topik Dakwah Rosul,Sejarah

ADS 336x280 Here...

Reaksi Kaum Kafir Quraisy terhadap Dakwah Rasululllah Muhhammad SAW - Assalammu'alaikum, sebagai umat Rasulullah, kita harus benar benar mengerti sejarah tentang kenabian Nabi Muhhammad sebagai nabi akhir jaman serta bagaimana Islam di sebarkan dan bagaimana kerasnya perjuangan pada waktu itu, yuk kita belajar lagi. Pada awalnya Kaum Kafir Quraisy tidak menyangka seruan Nabi Muhammad saw akan secepat ini  memasuki kehidupan mereka. Mereka kaget karena para hamba sahaya yang dulu mereka punya telah memeluk islam.  Pertamnya Rasululllah saw menghalangi para hamba sahaya dan orang yang lemah untuk disiksa di luar perikemanusiaan. Dan seruan Nabi tambah tersiar di oleh para bangsawan Quraisy dan mulai bayak yang masuk agama Islam.  Kaum Kafir  Quraisy menolah dakwah terang-terangan Rasululllah saw  yaitu semenjak tahun ke-4 masa kenabian. Yakni dikarenakan:


1.       Persaingan merebut kekuasaan

Mereka mengira jika tunduk kepada agama Nabi Muhammad maka berarti mereka tunduk kepada kekuasaan Abdul Muthalib. Sedangkan suku-suku bangsa Arab selalu bersaing untuuk memperebutkan kekuasaan dan pengaruh pada kaumnya. Sebab itu bukanlah hal yang mudah bagi Kaum Kafir  Quraisy untuk menyerahkan kepemimpinanya kepada Muhammad karena menurut mereka berarti suku-suku bangsa arab akan kehilangan kekuasaan dalam masyarakat.

2.       Ajaran Rasululllah saw tentang persamaan hak dan kedudukan antar umat manusia

Mulia tidaknya seseorang  ialah dilihat dari bagaimana ketakwaannya kepada Allah swt , bahkan orang miskin yang bertakwa di hadapan Allah swt lebihlah mulia di bandingkan dengan orang kaya yang durhaka.

3.       Ajaran Islam tentang kehidupan setelah mati

Manusia yang ketika  di dunianya bertakwa maka di akhirat ia akan memperoleh kenikmatan dan juga surga.  Sedangkan manusia yang di dunianya durhaka maka dalam kuburnya ia akan di siksa dan neraka akan menantinya di akhirat .

4.       Tolakan kaum Quraisy

Kaum Kafir  Quraisy menolak ajaran islam karena mereka merasa berat meninggalkan agamanya dan tradisi hidup turun temurun dari leluhurnya. Dan mereka berkata “ Cukuplah bagi kami apa yang telah kami terima dari nenek moyang”.(QS.Al-Ma’idah : 104)

5.       Larangan menyembah serta memperjual belikan berhala

Islam melarang kebiasaan peduduk Mekah dan luar Mekah untuk berzirah memuja berhala , padahal itu semua mendatangkan keuntungan di bidang ekonomi terhadap kaum Quraisy. Untuk itulah mereka menolak dan ingin menghentikan dakwah Nabi Muhammad saw  dengan berbagai cara, antara lain :

a.       Setiap keluarga dalam Kaum Kafir  Quraisy diharuskan menyisakan anggota keluarganya yang telah masuk isalam , sehingga ia kembali menganut agama warisan leluhurnya.

b.      Para budak yang telah masuk islam ,  dulunya  di siksa oleh para pemilinya atau tuannya di luar batas kemanusiaan , bahkan ada yang di siksa hingga mengalamikebutaan dan juga sampai meninggal dengan cukup tragisnya. Hingg Abu Bakar  As Sidiq r.a bahkan tidak tega saudara-saudara seimannya disiksa seperti itu , lalu beliau memerdekakan beberapa orang dari mereka  dengan cara memberikan uang tebusan kepada tuannya.

Semoga kita menjadi hamba Allah yang senantiasa dapat bersyukur karena sudah di beri nikmat Islam yang begitu besar, Aamiin, tetap Istiqomah di jalan Allah dan jangan sampai kita lengah terhadap godaan Syairan.

ADS 336x280 Here...

Tulis Komentar Kamu Disini:

1 Komentar untuk "Reaksi Kaum Kafir Quraisy terhadap Dakwah Rasululllah Muhhammad SAW"

Muttaqinmengatakan...
10 Juni 2016 pukul 00.27

makasih ya informasinya....


Posting Komentar