Hari Ini

Tantangan Dakwah Nabi Muhammad SAW

Update Senin, 13 Januari 2014 at 02.50. Dalam topik

ADS 336x280 Here...

Tantangan Dakwah Nabi Muhammad SAW- Assalammu'alaikum, Nabi Muhhammad berdakwah menyebarkan agama Islam bukan tanpa ada tantangan dan halangan, banyak sekali aral yang harus di lewati Nabi agar kita dapat di hidup di jaman yang terang dan terbebas dari segala kebodohan jahiliah. Untuk menghadapi  tantangan dan kekerasan kaum Kafir Quraisy beliau selalu bersabar , bertawakal, dan bedoa. Lalu  pada tahun 615 M beliau menyuruh 20 sahabatnya untuk berhijrah ke Habasyah (Ethiopia) karena raja Negus itu di kenal suka memberikan jaminan keamanan kepada orag yang meminta perlindungan darinya.   Setelah beberapa lama mereka kembali lagi ke Mekah , karena mereka menduga kalau keadaan Mekah. sudah sudah normal dengan masuk Islamnya seorang Quraisy yang gagah berani yakni Umar bin Khattab.

Namun ternyata dugaan mereka sangat melenceng jauh,  paslnya Abu Jahal yaitu seorang pemimpin kaum kaum Kafir Quraisy  memerintahkan agar setiap keluarga dari kabilah Quraisy meningkatkan tekanan dan siksaan terhadap anggota keluarga lain yang telah masuk Islam.Menghadapi situasi demikian akhirnya Rasulullah saw  menyuruh para sahabatnya untuk kembali lagi ke Habasyah. Dan pada saat itu mereka berjumlah 83 orang , yang berada di bawah pimpinan Ja’far bin Abu Thalib. Selain  memberikan jaminan keamanan, raja Negus juga  memberikan kebebasan peribadatan kepada para sahabat Nabi Muhammad saw yang sesuai dengan ajaran Islam.Dengan kesabaranya Nabi Muhammad saw memperoleh beberapa pengikut kedalam Islam. Hal itu dikarenakan adanya ancaman dan siksaan serta tantangan oleh kaum Kafir Quraisy di Mekah. Meskipun begitu, namun tiap harinya ada saja para kaum budak, wanita, dan orang miskin  serta lemah yang dengan semangat yang membara mereka memeluk Islam sebagai agamanya. Ketika berdakwah Nabi Muhammad saw  menerima tantangan dan juga hambatan dari kaum Kafir Quraisy , antara lain :

1.       1. Tantanga Abu Lahab

Sebenarnya Abu Lahab adalah kerabat Nabi Muhammad saw  namun dia  beserta istrinya tidak menerima kebenaran Islam, justru mereka memusuhi islam. Itu semua berawal ketika semua Nabi Muhammad saw mengumpulkan penduduk Mekah di Bukit Safa dan mengatakan bahwa beliau adalah sebagi seorang pemberi peringatan dan Allah memerintahkannya mengajak semuanya untuk memeluk Islam.  Dan khotbah itu membuat banyak orang marah, yang termasuk juga Abu Lahab. Bahka dia mengetakan “ Celakalah engkau wahai Muhammad! Untuk inikah engkau mengumpulkan kami?”. Maka sebagai balasannya Allah Menurunkan Surah Al- Lahab ayat 1-5 yang artinya : “ Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan sesungguhnya dia akan binasa. Tdaklah berfaedah harta bendanya dan apa yang ia usahakan. Kelak ia akan masuk keadalam api yang bergejolak . Dan (begitu pula ) istrinya,pembawa kayu bakar. Yang dilehernya ada tali dari sabut.

2.      2.  Ancaman Golongan Penguasa Mekah

Mereka menentang dakwah  Nabi Muhammad saw   karena tidak ingin kekuasaannya terganggu karena dakwah Islam yang menekankan keadilan sosial dan persamaan derajat. Dan menganggap kekuatan Nabi Muhammad saw  adalahkarena adanya perlindungan dari pamannya Abu Talib, sehingga para penguasa mengancam untuk segera menyerahkan  Nabi Muhammad saw   atau menghentikan dakwahnya. Dan pamannya meminta untuk menghentikan dakwahnya namun Nabi Muhammad saw menentang, seraya berkata “ Demi Allah ! Saya tidak akan berhenti memperjuangkan amanat Allah ini walaupun seluruh sanak keluargaku akan mengucilkanku”. Hingga akhirnya pamannya berkata “ Teruskanlah! Demi Allah , aku akan membelamu”.

3.       3. Siksaan Dari kaum Kafir Quraisy

Gagal dengan bujukannya, lalu mereka melakukan kekerasan kepada Nabi Muhammad saw    dan menyiksa para pengikutnya dari dipukul, dicambuk  hingga menghalangi kaum yang ingin beribadah Haji dan melemparinya dengan kotoran.

4.      4.  Hijrah ke Abessia (Habasyah)
Akibat perlakuan kejam para kaum Kafir Quraisy , Nabi Muhammad saw    mengungsikan pengikutnya ke Abessia (Habasyah). Dan mereka di terima oleh Raja Najasy dengan lapang dada.

5.      5.  Pembokoitan Bani Hasyim

Kaum Kafir Quraisy menganggap kalau kuatnya kedudukan kaum muslim adalah karena perlindungan Bani Hasyim. Oleh karena itu mereka mereka memboikot Bani Hasyim  dengan menghentikan hubungan  baik jual beli maupun pernikahan dan sosial dengan seluruh penduduk Mekah yang mana persetujuan ini telah di tandatangani bersama dan di gantung di Kabah. Sehingga menyebabkan Bani Hasyim menderita selama  3 tahun, hingga akhirnya berhenti setelah beberapa pemimpin Kaum Quraisy merasa tindakan itu sangat keterlaluan.

6.       6. Tahun Kesedihan

Setelah masa Pembokoitan Bani Hasyim berakhir yaitu padaa tahun ke 10 kenabian, paman Nabi Muhammad saw     meninggal di usia ke 87 yang tiga hari kemudian di susul dengan wafatnya istri beliau , Khadijah. Dan tahun itu dinamai dengan ‘amul huzn. Meskipun begitu beliau tetap tabah dan sabar dan tetap menjalankan dakwahnya hingga memperoleh kemenangan yang tidak pernah di bayangkan.

 Sungguh betapa jalan yang panjang dan berliku yang harus di tempuh Rassullulah dan semua pembela islam un tuk mendirikan Agama yang indah ini, semoga kita bisa menjadi mahluk yang pandai bersyukur, Aamiin,, semoga informasi ini bermanfaat kawan,, terimakasih



ADS 336x280 Here...

Tulis Komentar Kamu Disini:

0 Komentar untuk "Tantangan Dakwah Nabi Muhammad SAW"

Posting Komentar